Jumat, 12 September 2014

Tips Memilih Keramik Rumah Minimalis

Dalam membuat rumah dengan desain minimalis, ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar rumah tersebut bisa disebut minimalis. Mulai dari bentuk rumah hingga pemilihan furniture, kita perlu memilihnya dengan hati-hati agar kesan minimalisnya tidak rusak. Dalam hal ini, keramik menjadi salah satu faktor yang sangat penting. Keramik tidak hanya memperindah, namun juga menambah kesan simple dan mewah dari rumah Anda. Dari berbagai jenis keramik yang bisa digunakan, berikut adalah tips dalam memilih keramik rumah minimalis yang tepat.

Ukuran
Ada berbagai macam ukuran keramik yang bisa Anda pilih dan aplikasikan dalam rumah, baik pada lantai maupun dinding. Untuk rumah dengan desain minimalis, memilih ubin dengan ukuran yang sesuai sangatlah penting, agar space rumah yang terbatas tidak semakin sempit. Keramik rumah minimalis dengan ukuran yang luas sangat disarankan untuk diaplikasikan pada rumah minimalis yang sempit. Ukurannya yang besar bisa memberi efek rumah tampak lebih luas dari yang sesungguhnya.

Bahan
Ubin yang mahal bukanlah jaminan bahwa lantai tersebut tepat untuk rumah minimalis Anda. Dalam hal ini, Anda perlu mempertimbangkan segi keawetan dari keramik yang Anda gunakan agar bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, bahan keramik juga mempengaruhi tingkat kesulitan dalam perawatan dan kebersihannya. Pilih keramik rumah minimalis yang perawatannya mudah dan mudah dibersihkan.

Tekstur
Tekstur dari keramik juga bisa menjadi faktor penting untuk dipertimbangkan. Selain menyesuaikan dengan luas rumah dan warna dinding, pemilihan keramik juga perlu disesuaikan dengan lokasi dimana keramik akan diaplikasikan. Anda akan memerlukan keramik yang berbeda untuk ruang tamu dan kamar mandi, begitu juga dengan keramik untuk kamar tidur dan dapur. Pemilihan keramik berdasarkan fungsi ini berkaitan dengan permukaan atau teksturnya.
Untuk lantai pada ruang keluarga, kamar tidur maupun ruang ataupun ruang tamu, Anda bisa menggunakan keramik rumah minimalis dengan tekstur atau permukaan yang halus. Keramik yang halus akan sangat nyaman untuk berbaring di kamar atau ruang bersantai. Namun untuk kamar mandi atau dapur, tentu Anda tidak bisa menggunakan jenis ubin yang sama. Agar tidak terpeleset karena permukaannya yang licin, menerapkan keramik dengan permukaan yang agak kasar akan lebih tepat.

Warna
Sekarang ini, keramik juga disediakan dalam berbagai macam pilihan warna. Tentu saja warna dari keramik juga sangat bisa mempengaruhi keindahan dan tampilan yang minimalis yang ingin Anda tampilkan. Dalam pemilihan warna keramik rumah minimalis, Anda perlu menyesuaikannya dengan warna dinding dan furniture yang Anda gunakan. Kombinasi warna yang tepat dari lantai, dinding dan furniture bisa menciptakan keselarasan satu sama lain.
Agar tampak selaras, bukan berarti Anda harus menerapkan warna yang sama untuk dinding dan keramik. Jika Anda tidak ingin rumah tampak monoton,  Anda sangat bisa menggunakan warna yang berbeda antara lantai dan dinding. Yang perlu diperhatikan adalah warna ubin pada lantai tidak terlalu kontras dengan furniture maupun dinding. Keramik dengan warna-warna cerah yang tetap terlihar lembut lebih disarankan untuk hunian minimalis, dan warna-warna gelap sebaiknya dihindari agar rumah tak tampak kusam.

Motif
Selain warna, motif keramik juga unsur penting yang bisa mempengaruhi tampilan hunian minimalis Anda. Sama seperti warna, kini keramik juga ditawarkan dengan pilihan motif yang sangat banyak dan beragam. Agar kesan minimalis semakin terasa dalam hunian Anda, sebaiknya pilih keramik dengan motif yang lebih sederhana. Motif keramik yang terlalu rumit dan dominan bisa mengurangi tampilan sederhana dari rumah. Dalam memilih motif yang simple, pastikan jika keramik rumah minimalis yang Anda pilih tetap senada dengan furniture.

Tips Memilih Keramik Rumah Minimalis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dummy blog

0 komentar:

Posting Komentar